Juni 22, 2021
Latest Post
Peresmian Website Prodi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri Akreditasi Prodi

Latar Belakang

Luas Lingkup Kebijakan SPMI

Kebijakan SPMI Politeknik Negeri Cilacap mencakup semua aspek penyelenggaraan pendidikan tinggi, dengan fokus utama pada aspek pembelajaran dan aspek lain yang mendukung aspek pembelajaran. Fokus pada aspek pembelajaran ini dimaksudkan sebagai langkah awal atau perintis, karena secara bertahap fokus dari lingkup kebijakan SPMI Politeknik Negeri Cilacap akan dikembangkan sehingga mencakup pula aspek non akademik.

Tujuan SPMI di PNC

Seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Cilacap berkeyakinan bahwa SPMI Politeknik Negeri Cilacap bertujuan untuk:

  1. Menjamin bahwa setiap layanan pendidikan tinggi kepada mahasiswa dilakukan sesuai Standar SPMI PNC yang telah ditetapkan, sehingga apabila diketahui bahwa terjadi penyimpangan atas standar SPMI PNC akan segera dilakukan tindakan koreksi.

  2. Mewujudkan transparansi dan akuntabilitas publik, khusunya kepada orang tua/ wali mahasiswa tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi sesuai dengan Standar SPMI PNC yang telah ditetapkan.

  3. Mengajak semua pihak di PNC untuk bekerja mencapai tujuan berdasarkan Standar SPMI PNC dan secara berkelanjutan berupaya untuk meningkatkan mutu.

Mekanisme dan Manaiemen SPMI PNC

Model manajemen SPMI PNC dirancang, dilaksanakan dan ditingkatkan mutunya secara berkelanjutan dengan mengikuti model PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasii, Pengendalian, Peningkatan) Sfandar SPMI PNC. Berikut ini adalah beberapa proses dalam rangka penjaminan mutu PNC :

  1. Menetapkan Standar SPMI PNC.

    Standar yang akan ditetapkan ini merupakan standar yang melampaui SN-DIKTl dan mendukung ketercapaian visi PNC yang telah ditetapkan. Standar SPMI PNC ini ditetapkan oleh Direktur, dan dapat dirumuskan oleh Tim Perumus Standar SPMI PNC yang dibentuk oleh Direktur PNC.

  2. Menyusun strategi dan serangkaian aktivitas yang mendukung dan melaksanakan standar SPMI PNC.

    Unit keria akan menyusun serangkaian strategi dan aktivitas yang mendukung tercapainya Standar sesuai dengan bidang kerja masing-masing pusat/ bagian/ jurusan/ unit pengelola teknis/ prodi di Politeknik Negeri Cilacap. Aktivitas tersebut merupakan kegiatan strategis yang dilakukan sebagai upaya yang mendorong ketercapaian standar SPMI PNC.

  3. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan standar
    Pelaksanaan aktivitas yang mendukung tercapainya standar dimonitor dan dievaluasi secara berkala. Monitoring tersebut dilakukan untuk memantau sejauh mana pelaksanaan aktivitas dalam rangka pemenuhan standar SPMI PNC. Dengan adanya kegiatan monitoring dan evaluasi yang harms dilakukan dalam rangka kegiatan penjaminan mutu, maka ada kegiatanpengukuran baik dalam bentuk monitoring maupun audit. Para kepala unit kerja, bagian, pusat, jurusan maupun program studi harus bersikap terbuka, kooperatif dan siap untuk diperiksa atau diaudit oleh tim auditor internal yang telah mendapat pelatihan tentang audit SPMI Perguruan Tinggi.

  4. Mengendalikan standar P4MP sebagai pengendali kegiatan penjaminan mutu tingkat institusi akan melakukan analisis terhadap:
    a. Standar yang tidak terpenuhi
    b. Kemungkinan peningkatan atas standar yang telah terpenuhi untuk setiap standar yang tidak dapat dipenuhi, maka P4MP akan memberikan rekomendasi tindakan koreksi yang dikirimkan kepada Direktur PNC dan Pimpinan Unit, Bagian, atau Jurusan di lingkungan PNC.

  5. Meningkatan s-tandar Jika standar yang telah ditetapkan telah terpenuhi, maka standar yang telah tercapai tersebut dapat ditingkatkan, dan selanjutnya dapat ditetapkan sebagai standar baru. Proses peningkatan ini melalui rekomendasi dari P4MP kepada Direktur PNC setelah dilakukan analisis.
    Proses-proses tersebut bertujuan untuk menjamin kegiatan penyelenggaraan pendidikan tinggi di PNC. Hasil akhir dari pelaksanaan SPMI PNC berdasarkan PPEPP adalah kesiapan semua program studi di PNC untuk mengikuti akreditasi sebagai bentuk penjaminan mutu eksternal, baik oleh lembaga akreditasi nasional maupun internasional.