Kegiatan Workshop Kurikulum Program Studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS) Politeknik Negeri Cilacap dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2022 yang bertempat di Ruang Serbaguna Gedung Kuliah Bersama PNC mulai dari jam 09.00 s.d 15.00 WIB.

Tujuan pelaksanaan dari kegiatan ini, yaitu:

  1. Untuk memahami visi dan misi industri keuangan syariah;
  2. Untuk memahami kondisi terkini di industri keuangan syariah;
  3. Untuk memahami ekspektasi industri keuangan syariah terhadap Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah PNC.

Dengan pemahaman tujuan tersebut diharapkan Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dapat menentukan visi misi prodi, profil lulusan, dan Capaian Pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan Industri Lembaga Keuangan Syariah.

Kegiatan workshop tersebut mengundang dari pihak industri, yakni dari PT. BPRS Suriyah dan Bank Syariah Indonesia KCP Cilacap. Sebagai narasumber dari PT. BPRS Suriyah yaitu Bpk. Ahmad Mujahid, S.E., M.M selaku Direktur Utama. Beliau memberikan materi tentang Visi Misi BPRS Suriyah, overview industry keuangan syariah saat ini, overview lingkup bahasan akuntansi syariah sesuai Standar Akuntasi Syariah, serta penjelasan kompetensi-kompetensi yang diharapkan industry dari prodi akuntansi syariah. Sedangkan sebagai narasumber dari Bank Syariah Indonesia KCP Cilacap, yaitu Bpk. Furqon Bagus Utama selaku Branch Operations & Service Manager serta Ibu Risma Pratista Daulika selaku Customer Service Representative. Beliau memberikan materi tentang Visi Misi BSI, Implementasi nilai-nilai Islami dalam keseharian pegawai perbankan syariah, standar penampilan pegawai perbankan syariah, standar layanan perbankan syariah, serta standar etika perbankan syariah.

Adapun dari pihak internal PNC dihadiri oleh Dr. Eng. Agus Santoso selaku Wakil Direktur I Bidang Akademik, Bayu Aji Girawan, S.T., M.T., selaku Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP), dan diikuti dosen-dosen dari Prodi ALKS, antara lain:

  1. Ganjar Ndaru Ikhtiagung, S.E., M.M.
  2. Faidzin Firdhaus, S.E., Ak., M.Ak.
  3. Hety Dwi Hastuti S.E., M.Si.
  4. Laura Sari. S.Si., M.Sc.
  5. Betti Widianingsih. S.S. M.Hum.

Serta diikuti juga oleh calon-calon dosen Prodi ALKS dari eksternal PNC yang memiliki keahlian khusus, antara lain:

  1. Sudarto, B.A. M.P.I. – keahlian Fikih Muamalah
  2. Ali Bin Thahir, S.Pd.I., M.Pd. – keahlian Bahasa Arab
  3. Sasongko Adi Priyanto, S.E., M.Ak. – keahlian Akuntansi Syariah
  4. Oki Titis Prastiwi, S.E., Ak., M.Ak. – keahlian Akuntansi Keuangan

Tindak lanjut setelah workshop kurikulum ini akan dilakukan pertemuan lanjutan untuk menentukan mengenai visi dan misi program studi, profil lulusan dan capaian pembelajaran, dengan mengikutsertakan seluruh unsur lembaga keuangan syariah seperti Perbankan Syariah, Koperasi Syariah, Pegadaian Syariah, Pasar Modal Syariah, Lembaga Amil Zakat dan lain sebagainya.