Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Politeknik Negeri Cilacap

Previous
Next

Purwokerto, 13 Mei 2022 bertempat di Java Haritage Hotel Purwokerto, telah dilaksanakan kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Politeknik Negeri Cilacap.  Kegiatan ini telah berlangsung sejak 13 sampai dengan 15 Mei 2022

Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Politeknik Negeri Cilacap diikuti oleh 34 peserta yang terdiri dari 29 orang Tim Pengembangan Kurikulum MBKM dan 5 orang sebagai tamu undangan. Tujuan menerapkan kurikulum MBKM utk prodi D4 dan rekonstruksi kurikulum untuk prodi D3 sesuai dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 123/M/KPT/2019 tentang Magang Industri dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan yaitu 1). dalam rangka memberikan penguatan magang mahasiswa di dunia usaha dan/atau dunia industry diperlukan pengembangan kurikulum yang relevan antara proses pembelajaran di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia usaha dan/atau dunia industri, 2). Memfasilitasi system pembelajaran kampus terpadu dengan dunia usaha dan/atau dunia industry (co-operative education dual system/link and match), perlu memberikan kesempatan yang lebih luas bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman kontekstual di dunia usaha dan/atau dunia industry secara terpadu melalui program magang industry.

Sebagai Narasumber kegiatan workshop yaitu :

  1. Ir. Rachmad Imbang Tritjahjono, M.T., selaku Direktur Politeknik Negeri Bandung.
  2. Desutama Rachmat Bugi Prayogo, M.T, selaku Tenaga Ahli Bidang Kurikulum dari Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek.
  3. Zainal Arifin Hasibuan, Ph.D, selaku Ketua Aptikom Pusat.
  4. Ika Noer Syamsiana, M.T., Ph.D., selaku Dosen dan Tenaga Ahli Bidang Kurikulum dari Politeknik Negeri Malang.
  5. Mila Fauziyah, S.T., M.T., selaku Dosen dan Tenaga Ahli Bidang Kurikulum dari Politeknik Negeri Malang.

Dalam kegiatan workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Politeknik Negeri Cilacap, menghasilkan sebagai berikut:

  1. Rekonstruksi dan penyusunan kurikulum untuk Program Studi Diploma Tiga yang terdiri dari Teknik Mesin, Teknik Elektronika, Teknik Informatika, dan Teknik Listrik sudah dilakukan oleh tiap program studi dengan pendampingan kurikulum oleh masing-masing narasumber. Penyusunan kurikulum tersebut sudah memasukan unsur magang industri yang sesuai peraturan maksimal 20 SKS, sehingga ada beberapa pengurangan mata kuliah ataupun pengurangan jumlah SKS dimasing-masing program studi.
  2. Sedangkan rekonstruksi dan penyusunan kurikulum untuk Program Studi Sarjana Terapan yang terdiri dari Prodi Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan (TPPL), Prodi Pengembangan Produk Agroindustri (PPA), dan Prodi Rekayasa Keamanan Siber (RKS), sudah memasukan beberapa mata kuliah yang dijadikan mata kuliah MBKM di masing-masing program studi. Penyusunan kurikulum tersebut juga dilakukan dengan pendampingan oleh narasumber yang kompeten.
  3. Untuk pembuatan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dimasing-masing program studi dikerjakan secara internal tiap prodi dan ditargetkan selesai pada bulan Juli 2022.

 

Kegiatan workshop ini sangat bermanfaat untuk pengembangan kurikulum MBKM bagi program studi Sarjana Terapan yang sudah mengharuskan menerapakan kurikulum MBKM untuk beberapa mata kuliah, sekaligus bermanfaat untuk rekonstruksi dan penyusunan kembali kurikulum untuk program studi Diploma Tiga, sehingga kurikulum di masing-masing program studi dapat tersusun dengan baik sesuai dengan jenjang KKNI yang sudah diwajibkan.